Pengembangan Aplikasi Informasi Akademik STMIK STIKOM Indonesia Berbasis Mobile

Authors

  • Dewa Putu Yudhi Ardhiana STMIK STIKOM Indonesia
  • I Wayan Dharma Suryawan

DOI:

https://doi.org/10.31598/sacies.v7i2.187

Keywords:

aplikasi mobile, informasi kampus, android

Abstract

Informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan manusia. Ada beberapa media yang dapat digunakan sebagai sumber informasi salah satunya adalah internet. Internet sebagai salah satu sumber informasi mengalami perkembangan yang pesat. Di Indonesia pengguna internet terus bertambah setiap tahunnya. Peninngkatan pengguna internet di Indonesia disumbangkan oleh pengguna yang menggunakan internet melalui smartphone.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia , jumlah mahasiswa yang mengakses internet menggunakan perangkat bergerak lebih banyak jika dibandingkan pengguna komputer/laptop.  Besarnya jumlah pengguna perangkat mobile dikalangan mahasiswa STIKI Indonesia tidak diikuti dengan pengembangan aplikasi mobile khususnya aplikasi yang berkaitan dengan informasi seputar kampus.

Melihat informasi itu menjadi sebuah kebutuhan dan banyaknya mahasiswa menggunakan perangkat mobil untuk mengakses internet. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi mobile guna memudahkan mahasiswa mengakses informasi yang berkaitan dengan kampus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Anonim, 2013, Informasi Merupakan Kebutuhan Pokok yang Harus Dipenuhi, http://www.komisiinformasi.go.id/news/view/informasi-merupakan-kebutuhan-pokok-yang-harus-dipenuhi.
[2] Maulana, A., 2016, Pengguna Internet Indonesia Tumbuh Berkat Smartphone, http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160222155236-213-112610/pengguna-internet-indonesia-tumbuh-berkat-smartphone/.
[3] Nuari, N., 2014, Perancangan Aplikasi Layanan Mobile Informasi Administrasi Akademik Berbasis Android Menggunakan Webservice (Studi Kasus Reg.B Universitas Tanjungpura), http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/4523.
[4] Pamungkas, E.A.P. dan Rosyidah, U., 2015, Rancang Bangun Aplikasi Informasi Kegiatan Siswa SMA Kesatrian 1 Semarang Berbasis Android, http://eprints.dinus.ac.id/15226/1/jurnal_15242.pdf.
[5] Shia, H. dan Zakaria T. M., 2013, Pembuatan Aplikasi Pendukung Sistem Akademik Terpadu di Universitas Kristen Maranatha dengan Menggunakan Mono for Android, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 8 No. 2, September 2013:167-180.
[6] Wadwa, B., Soo, Y. J., dan Rajapakse, D.C., A First Course in Object-Oriented Software Engineering (Second Edition), McGraw Hill, Singapore.

Published

2017-04-28