Rancang Bangun Alat Centrifuge Berbasis Arduino Nano Dilengkapi Sistem Deteksi Kemiringan Alat

Authors

  • I Made Surya Adi Putra Universitas Bali Internasional
  • I Made Agus Mahardiananta Universitas bali Internasional
  • I Wayan Tanjung Aryasa Universitas Bali Internasional

DOI:

https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v5i2.1164

Keywords:

centrifuge, kemiringan, kecepatan, waktu

Abstract

Centrifuge merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan organel berdasarkan masa jenisnya melalui proses pengendapan. Pada penelitian ini dibuat rancang bangun alat Centrifuge yang memiliki pemilihan kecepatan motor 1000-4000 rpm, timer secara digital, ditambahkan indikator posisi kemiringan alat, dan alat akan eror apabila posisi alat miring. Pengaturan kecepatan motor, timer digital dan indikator posisi kemiringan alat menggunakan mikrokontroler arduino nano yang dapat ditampilkan pada display LCD dan dapat dengan mudah di setting oleh pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian observatif eksperimental. Cara pengamatannya adalah dengan pengukuran langsung pada alat dengan mengobservasi memakai pedoman observasi. Dalam hal ini kecepatan putaran, pengukuran sistem kemiringan dan waktu pada alat centrifuge akan diukur dengan alat ukur yang telah ada di Laboratorium Universitas Bali Internasional dengan berulangkali mengukur nilai yang ditunjukkan oleh alat dengan alat ukur yang ada. Hasil pengukuran waktu dari alat centrifuge rancang bangun, pada pengujian waktu 1 menit, 2 menit, 3 menit, 4 menit, dan 5 menit memiliki error keseluruhan sebesar 0%. Hasil pengukuran kecepatan (rpm) dari alat centrifuge rancang bangun, pada pengujian Kecepatan (rpm) 1000 rpm memiliki error sebesar 1,7%, 2000 rpm memiliki error sebesar 0,75%, 3000 rp memiliki error sebesar 0,6%, dan 4000 rpm, memiliki error sebesar 0,2%. Hasil pengujian endapan dari alat centrifuge rancang bangun dengan alat centrifuge laboratorium UNBI. pada pengujian endapan keseluruhan hasil dari alat centrifuge rancang bangun dengan alat centrifuge laboratorium UNBI terdapat endapan pada setiap proses pemutaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setyadi P, Premono A, Sugita W, Suryana I. Seminar Nasional-XX Proses Manufaktur Alat Pemisah Plasma Darah Dengan Metode Sentrifugasi 2021.

Alfian R, Kurniawan Nugroho A, Pinandita S, Teknik Elektro Universitas Semarang J, Soekarno Hatta J, Kulon T, et al. PERANCANGAN MESIN CENTRIFUGE BERBASIS KONTROL PULSE WIDTH MODULATION (PWM) DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER NODE MCU UNTUK MEMISAHKAN PARTIKEL ORGANEL DARAH. n.d.

Panjaitan B, Harahap S, Kesya ), Lumbantobing N, Romadhon S, Tinggi S, et al. RANCANG BANGUN PEWAKTU CENTRIFUGE DENGAN TAMPILAN SEVEN SEGMENT BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51. vol. 29. 2021.

Asadina H, Hamzah T, Titisari D, Utomo B. A Centrifuge Calibrator Based on Personal Computer Equipped with Data Processor. Indonesian Journal of Electronics, Electromedical Engineering, and Medical Informatics 2019;1:14–9. https://doi.org/10.35882/ijeeemi.v1i1.3.

Setyadi P, Wayan IS, Rekayasa Keselamatan Kebakaran SJ. PERANCANGAN MULTI SPEED CENTRIFUGE SEBAGAI ALAT PEMISAH CAIRAN. vol. 2021. n.d.

Hamrin LO, Sutiari DK. Otomatisasi Waktu Kerja Sesuai Kecepatan Putar Centrifuge Pada Berbagai Kekentalan Sampel. n.d.

Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya P, Paulina Paga S, Gumiwang Ariswati H, Hamzah Jurusan Teknik Elektromedik Poltekkes Kemenkes T, Jl Pucang Jajar Timur No S. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan EVALUASI PARAMETER PID PADA PERANCANGAN KENDALI CENTRIFUGE DENGAN SISTEM UMPAN BALIK n.d.

Fauzi A, Bahri S. RANCANG BANGUN CENTRIFUGE INFRARED BERBASIS MIKROPROCESSOR AT89S52. vol. 11. 2015.

Ristadiansyah E, Hamzah T, Syaifudin. Centrifuge dengan Sistem Kontrol Arduino . Seminar Tugas Akhir 2017.

Usman Husaini, Akbar PSetiady. Metodologi penelitian sosial. Bumi Aksara; 2008.

Ayu Wulandari Y. REMEDIASI MISKONSEPSI TENTANG GAYA SENTRIPETAL DAN GAYA SENTRIFUGAL PADA GERAK MELINGKAR BERATURAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SEDERHANA. n.d.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Adi Putra, I. M. S., Mahardiananta, I. M. A., & Aryasa, I. W. T. (2022). Rancang Bangun Alat Centrifuge Berbasis Arduino Nano Dilengkapi Sistem Deteksi Kemiringan Alat . Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 5(2), 174-181. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v5i2.1164