English

Penulis

  • Ahmad Ghazali Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Taufik Murtono Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i1.1447

Kata Kunci:

English

Abstrak

Surakarta yang lebih dikenal dengan nama Solo memiliki slogan branding yang memorable yang sangat cocok dengan kondisi kotanya, “The Spirit of Java” slogan ini memiliki potensi yang dimana Solo menjadi “jiwa” dari kebudayaan Jawa, jadi brandingnya memerlukan elemen dan nilai-nilai yang mendukung untuk menwujudkan semangat dari slogan yang digunakan. Perlu adanya peningkatan atau penguatan yang menggunakan elemen dan nilai yang benar-benar asli dari kota Solo untuk dijadikan salah satu atribut yang mudah untuk dikenali yang dikemas dalam bentuk font yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini, karenanya peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data yang diperlukan yang dapat diterjemahkan menjadi bahasa visual yang cocok untuk tipografi tersebut. Dibutuhkan wawancara, studi literatur, dan studi visual untuk mewujudkan perancangan dalam penelitian ini. Hasilnya akan menunjukan bahwa tipografi memiliki dampak yang besar untuk membantu membentuk presepsi target audiens terhadap identitas visual yang mudah dikenali saat diaplikasikan di berbagai media yang digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. Prayitno, “MORFOLOGI KOTA SOLO (TAHUN 1500-2000) Qomarun,” 2007. [Online]. Available: http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=ARS

S. O. Rahajeng, “Solo The Spirit of Java,” Semarang, Nov. 2009. Accessed: Jan. 10, 2024. [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/1031/

D. Dawood, “Branding a city: What makes a successful design?,” Its Nice That Website. Accessed: Jan. 13, 2024. [Online]. Available: https://www.itsnicethat.com/features/branding-a-city-graphic-design-branding-thematic-310523

B. Priyambodo, “PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA KARUMBU,” Surabaya, Jul. 2021. Accessed: Aug. 14, 2023. [Online]. Available: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5751/

G. Arifrahara, “Analisis Penggunaan Tipografi Spasial Sans Serif Dalam Ruang Publik Taman Tematik Kota Bandung,” vol. 07, no. 01, 2021, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

S. Utama, “Perancangan Typeface Untuk Mendukung Citra Kota Lama Semarang Sebagai Destinasi Wisata Bersejarah,” Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang, 2019. Accessed: Aug. 12, 2023. [Online]. Available: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20540

A. Akbar, “ADGI HUB Perancangan Identitas Visual Ibu Kota Negara Nusantara,” IKN Nusantara.

C. Kwanda, A. Dektisa Hagijanto, B. Dian, and A. Maer, “Perancangan Visual Branding Sebagai Pendukung Promosi Produk Batik Ikat Celup UMKM Siwalankerto di Surabaya,” 2019.

A. Wheeler, Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team, Third. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc, 2009.

M. Ria Untari, B. Prabawa, and Y. Rahman, “DESIGNING MEDIA OF SOCIAL CAMPAIGN ‘SURAT BICARA’ FOR 11 TO 14 YEARS OLD STUDENT,” 2015.

T. Murtono, “Penguatan citra merek batik dengan tipografi vernacular,” Acintya, vol. 6, no. 2, 2014.

A. B. Perdana, “Ragam Langgam Aksara Jawa dari Manuskrip hingga Buku Cetak,” Manuskripta, vol. 10, no. 1, pp. 1–28, 2020, doi: https://doi.org/10.33656/manuskripta.v10i1.140.

M. Calista, “Mengenal Jenis & Fungsi Font,” Medium.

L. Huang and N. Babich, “Serif vs Sans Serif: Picking The Right One For Your Web Design,” Webflow. Accessed: Jan. 13, 2024. [Online]. Available: https://webflow.com/blog/serif-vs-sans-serif

D. Swanick, “How Typography Can Help Boost a Brand,” Swanick. Accessed: Jan. 13, 2024. [Online]. Available: https://danielswanick.com/4-ways-typography-boost-a-brand/

W. Septiningsih, “PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL FILOSOFI SURJAN JOGJA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Wuri Septiningsih,” 2017.

T. Brown and J. Wyatt, “Design Thinking for Social Innovation,” 2010. [Online]. Available: www.ssireview.com

T. Brown, Design Thinking. 2008. [Online]. Available: www.hbr.org

A. S. Miyosa, “Perancangan Visual Aplikasi ‘info dusun’ sebagai Sistem Informasi Masyarakat,” Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, vol. 9, no. 1, pp. 113–122, Sep. 2020, doi: 10.34010/visualita.v9i1.2932.

S. Wahyuni, M. Nasrul Kamal, and R. Trinanda, “Perancangan Logo Master Fitness Center Dan Aerobic,” vol. 8, no. 2, 2018.

A. F. Fermana1 and M. N. Kamal2, “Redesign Logo Winnie Fruit Padang,” 2019.

R. Yuniarti, “Re-desain Kemasan Herbal Tea PT. Andalas Sitawa Fitolab Jurnal,” DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 8, no. 2, 2018.

I. Made, D. Radithya Kanta, and N. Artayasa, “Analisis Tipografi Pada Logo Sprite,” Jurnal Penalaran Riset, vol. 1, no. 2, 2022, [Online]. Available: http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/jpr

B. Willen and N. Strals, Lettering & Type Creating Letters and Designing Typefaces, First. New York: Princeton Architectural Press, 2009.

K. Mayangsari and A. Azis Said, “Perancangan Visual Branding Butik Luthfiah Makassar,” Jurnal Imajinasi, vol. 1, no. 2, pp. 72–79, 2017.

F. Handayani and A. K. Nuzuli, “Analisis Semiotika Logo Dagadu,” Jurnal Ilmu Ushuluddin, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/index

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

[1]
A. . Ghazali dan T. . Murtono, “English”, bahasarupa, vol. 7, no. 1, hlm. 68-77, Des 2023.